Category

Bimbingan Native Speaker Pendidikan Bahasa Arab (Model Pembelajaran Keterampilan Kitabah & Kalam Di Era Milenial)

Tulungagung, 23 November 2021 – Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menggelar Seminar Nasional yang ditujukan untuk internal mahasiswa dan alumni Jurusan atau Prodi PBA telah berjalan dengan lancar dengan dihadiri oleh kurang lebih 135 peserta dengan judul “Bimbingan Native Speaker Pendidikan Bahasa Arab (Model Pembelajaran Keterampilan Kitabah & Kalam Di Era Milenial) Acara ini dipandu oleh Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd seorang dosen Pendidikan Bahasa Arab dari Universitas Islam Negeri Malang.

This image has an empty alt attribute; its file name is WhatsApp-Image-2024-02-27-at-14.38.54-1024x683.jpeg

Dalam sambutannya di acara pembukaan, Ketua Koordinator Program Studi (Koorprodi), Ustadz Nuryani Mansur menyampaikan bahwa seminar ini penting untuk diselenggarakan karena menjadi salah satu jalan dalam proses pembelajaran.

Beliau juga menyampaikan bahwa seminar nasional yang mendatangkan dua narasumber nasional ini menyuguhkan banyak manfaat.

“Banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan ini seperti memperoleh wawasan tentang kebahasaan, memperoleh relasi yg luas,” tutur beliau.

Pemateri pertama yang merupakan Dosen Bahasa Arab Universitas Negeri Malang. Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd, menjelaskan banyak hal terkait الكتابة العربية: مجلاتها أهدافها، مظاهر ضف الطلبة

Tema kedua yang disampaikan oleh pemateri Prof. Drs. Muhaiban, Dosen Bahasa Arab Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang yakni tentang الأعمـال الشاغرة
Menurut beliau, zaman sekarang telah banyak macam-macam platform pembelajaran bahasa Arab yang recommended dan dapat diakses oleh umum secara gratis.

“Teknologi di tangan guru-guru yang hebat akan menghasilkan transformasi pembelajaran yang luar biasa,” pungkas beliau di akhir seminar.