Category

Buka Bersama 2023 HMPS PBA UIN SATU Tulungagung

YAUMUL BAROKAH 2023: Merajut Kebersamaan, Meraih Keberkahan

SABTU, 08 APRIL 2023 – Pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (HMPS PBA) menggelar acara yang penuh keberkahan yakni Yaumul Barokah. Acara ini berlangsung di rumah salah satu anggota HMPS PBA, Maswidatun Umami, Desa Bendiljari Kulon, Sumbergempol, Tulungagung pada Sabtu (08/04/202).

Runtutan acara dalam Yaumul Barokah yakni khotmil Al-Qur’an, bagi-bagi takjil, shalawat, tausiyah dari Ustadz Fikri dan ditutup dengan buka bersama (bukber).

Ketua pelaksana, Muhammad Faruq Chairul Fatta menyampaikan bahwa tujuan acara ini untuk meraih keberkahan di bulan Ramadhan. “Tidak hanya meraih keberkahan secara individu akan tetapi mengajak seluruh masyarakat PBA untuk meraih keberkahan di bulan Ramadhan,” tuturnya.

Yaumul Barokah merupakan acara yang diselenggarakan oleh HMPS PBA rutin setiap tahun pada bulan suci Ramadhan. Tema yang diusung tahun ini adalah “Merajut Kebersamaan, Meraih Keberkahan”. Selaras dengan yang disampaikan oleh Ustadz Nuryani selaku Koorprodi PBA bahwa kita harus saling menjaga tali silaturahmi.

Ustadz Ahmad Fikri Amrullah selaku pengisi tausiyah dalam acara ini menganjurkan mahasiswa untuk selalu membaca Al-Qur’an karena Al-Qur’an itu bisa memberikan syafaat bagi orang yang membacanya.

Beliau juga menyampaikan banyak hal tentang puasa, termasuk kebahagiaan yang dijanjikan oleh Allah kepada orang yang berpuasa. “Terdapat 2 kebahagiaan bagi orang yang berpuasa, yaitu ketika berbuka dan bertemu dengan Tuhannya,” pungkasnya.