Rangkaian Kegiatan ATLAS I, Seminar Bahasa Arab : Peningkatan Maharah Qiro’ah

Kegiatan Ajang Taqiyatul Lughoh Arobiyyah Spektakuler (ATLAS) merupakan salah satu kegiatan tahunan dari progam kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Tulungagung yang mana di tahun ini peserta kegiatan tersebut dari SMA/MA/Sederajat, Mahasiswa Umum, dan Mahasiswa IAIN Tulungagung. 

Kegiatan Ajang Taqiyatul Lughoh Arobiyyah Spektakuler (ATLAS) diketuai oleh saudari Luluk Yuliani dari anggota HMJ PBA bidang Intelektual, sekretaris oleh saudara Ramadhan Aufani dan saudari Qomza Verawati, dan bendahara oleh saudari Asqina Salsabela.

Kegiatan Ajang Taqiyatul Lughoh Arobiyyah Spektakuler (ATLAS) diawali pada tanggal 28 Oktober 2021 merupakan pendaftaran. Lalu dilanjutakan Technical Meeting pada tanggal 18 November 2021. Kemudian Kegiatan dibuka pada Jum’at, 19 November 2021 dengan sambutan dari dosen pembimbing, ketum HMJ PBA, dan ketupel ATLAS. Dilanjutkan dengan pengumpulan vidio perlombaan (Khitobah, Taqdimul Qishoh, Ghina’ Araby, dan Poster) link google drive sampai pada tanggal 23 november 2021, pukul 23.59 WIB. Dan pada tanggal itu pula merupakan pelaksanaan lomba Munadhoroh Ilmiyah sampai tanggal 24 November 2021. Dan penilaian serentak dilaksanakan pada tanggal 24 November 2021 oleh juri masing-masing lomba di ruang kelas F-35. Lalu akan diumumkan sekaligus dilaksanaan penutupan Kegiatan Ajang Taqiyatul Lughoh Arobiyyah Spektakuler atau ATLAS pada Selasa, 30 November 2021 di Aula Gedung Saifudin Zuhri Lantai 6.

Selain perlombaan perlombaan, Kegiatan ATLAS diwarnai dengan Seminar Kebahasaaan yang menghadirkan langsung narasumber dari Universitas Muhammadiyah Malang Muhammad Ali Galal El-Fouly, dan dari Ponpes Kedung Bunder Lodoyo Blitar yaitu Ahmad Zarqoni Shofwan. Seminar bahasa Arab tentang peningkatan maharah qiroah (keterampilan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar) adalah sebuah acara yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada peserta dalam membaca Al-Qur’an dengan baik, lancar, dan menghayati.

Tujuan Acara Seminar Bahasa Arab ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam membaca Al-Qur’an dengan lancar dan memahami maknanya secara lebih mendalam. Tujuan lainnya adalah untuk memotivasi peserta agar terus berusaha meningkatkan maharah qiroah mereka.

Materi Seminar: Materi yang disampaikan akan mencakup berbagai aspek penting dalam membaca Al-Qur’an, seperti tajwid (aturan-aturan bacaan yang benar), tartil (membaca dengan tenang dan pelan), dan tafsir (memahami makna ayat-ayat Al-Qur’an). Selain itu, juga akan dibahas tentang pentingnya menghayati dan merenungkan makna ayat-ayat Al-Qur’an yang dibaca.

Seminar ini terbuka untuk semua Mahasiswa PBA baik yang sudah memiliki dasar dalam membaca Al-Qur’an maupun yang masih pemula.