Category

Kegiatan DIKLATDA (Pendidikan dan Pelatihan Dasar) bagi Pengurus Baru HMPS PBA 2024

Untuk memulai langkah baru, Himpunan mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Arab menyelenggarakan kegiatan diklatda, pendidikan dan pelatihan dasar. Diklatda di tujukan kepada seluruh pengurus baru hmps pba. Kegiatan ini diselenggarakan pada 31 Januari – 2 Februari 2024. Bertempat di Pondok pesantren Darunnajah, Ngadirogo, Podorejo, Tulungagung. Tujuan dilaksanakannya diklatda adalah sebagai bekal para pengurus baru dalam satu tahun kepengurusan kedepan.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci al quran, sambutan, penyematan id card, dan diakhiri doa penutup. Sambutan kali ini diawali oleh baidhowi maruf selaku ketua pelaksana kegiatan diklatda hmps pba, dalam sambutannya ia menyambut para pengurus baru, dan memberikan support kepada teman teman semuanya untuk berlangsungnya kegiatan diklatda selama 3 hari kedepan, kemudian sambutan  yang kedua oleh M. ihza fajar Alfandi, ketua umum hmps pba periode 2023-2024 “Kegiatan diklatda ini merupakan bekal awal bagi pengurus baru hmps pba, dan saya berharap para pengurus baru dapat memiliki potensi yang unggul dan kian meningkatkan solidaritas untuk masa kepengurusan kedepan” Ujarnya.

Pada hari pertama kegiatan diawali dengan pembukaan dan penyampaian materi, materi   pertama yaitu Bahasa dan Ke – PBA an, Kemudian materi kedua yaitu, Organisasi dan Kepemimpinan, dan Materi ketiga yaitu Administrasi. Terdapat 3 Materi di Hari pertama. Kemudian dilanjutkan pada hari kedua yaitu Materi antropologi kampus, persidangan, dan materi terakhir yaitu problem solving. Pada Kegiatan diklatda, Seluruh Pengurus HMPS PBA berkesempatan mengadakan pra Raker untuk mematangkan program kerja. Kegiatan dihari ketiga yaitu fun game dan penutupan.

Para peserta diklatda mengaku sangat antusias dan bersemangat mengikuti serangkaian kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut. “Kegiatan diklatda sangat seru, asyik, bahagia, dan mendapatkan ilmu yang banyak. Banyak pengalaman yang didapatkan dan banyak kesempatan untuk improve our self, jadi ingat satu pepatah, experience is the best teacher” ujar salsabila kamal, selaku peserta teraktif dalam kegiatan diklatda.