Category

Pekan Ilmiah Internasional Bahasa Arab (PINBA) XIV dan Muktamar VII IMLA Indonesia

RABU, 6 -7 September 2023. Rangkaian kegiatan diawali dengan pembukaan pada hari Rabu, 6 September 2023. Yang bertindak sebagai tuan rumah pada kegiatan ini adalah Universitas Islam Negeri Mataram, Nusa Tenggara Barat, bekerja sama dengan Pengurus Pusat IMLA . Dalam Sambutannya, Ketua PP IMLA DR Tulus Musthofa, MA, menyatakan bahwa dalam kegiatan kali ini kita akan menyelenggarakan pemilihan pengurus PPPBA dan IMLA Indonesia yang baru untuk masa periode 2023- 2027. Di tengah-tengah pemilihan pengurus, diadakan PINBA pada tgl 6-7 dari pagi sampai sore hari. Pada hari kamis juga (7 September), dilakukan pemilihan pengurus PPPBA. Telah tepilih Prof. Dr. Hanik Mahliatussikah, M.Pd, dari UM Malang sebagai ketua umum PPPBA. Pada pukul 19.00, setelah pemilihan pengurus PPPBA, melakukan ramah tamah (gala dinner) dengan walikota Mataram di Pendopo Kota Mataram.

Pada tanggal 8, kegiatan dilanjutkan dengan muktamar IMLA ke VII dengan agenda pemilihan pengurus baru. Dalam muktamar ini, Prof. Dr. Uril Bahrudin, MA, terpilih sebagai ketua umum IMLA Indonesia untuk masa bakti 2023-2027.

JUMAT, pada 8 September 2023 dimulai dari Pukul 10.15 s/d 11.00, diadakan closing ceremony yang dihadiri oleh kasubdit bidang akademik KEMENAG Pusat. Beliau menyampaikan bahwa forum ini bisa dijadikan wahana yang mampu melahirkan inovasi dalam bidang metodologi dan model pembelajaran serta sertifikasi kompetensi bahasa Arab terstandar internasional (TOAFL).

Pada sore harinya (bada jum’ah) diadalakan tour (siyahah ilmiah) ke desa adat Sade dan Sirkuit Mandalika. Stelah itu dilanjutkan ramah tamah (gala dinner) dengan Bupati Lombok Tengah dan beserta wakil dan beberapa staffnya.