Category

Penyusunan dan Sosialisasi Visi Keilmuan dan Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

Pada Tanggal 6 April 2021 telah digelar kegiatan sosialisasi dan penyusunan VTMS PBA UIN SATU Tulungagung.  Acara ini bertujuan untuk membahas visi misi tujuan dan strategi prodi Pendidikan Bahasa Arab. Untuk menyukseskan dalam penyusunan visi dan tujuan PS PBA, maka bu dekan Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. membentuk tim penyusun yang terdiri atas 1 orang ketua yaitu Dr. Nuryani, S.Ag., M.Pd.I, 1 sekretaris yaitu Machrub Eko Cahyono, M. Pd.I, dan 4 anggota yaitu Prof. Sokip, S.Ag., M.Pd.I, Dr. H. Kojin, M.A, Dr. Hj. Anin Nurhayati, M.Pd.I, dan Dr. Rikhlatul Ilmiah, M.Pd.I. Tim penyusun tersebut akan melaksanakan tugas hingga penyusunan visi keilmuan dan tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab ditetapkan.

                Pada pertemuan pertama, tim penyusun VTMS PBA UIN Satu Tulungagung melakukan review visi yang telah ada sebelumnya dan evaluasi dokumen terkait dengan visi keilmuan PS. Dalam riview ini, tim penyusun meriview keselarasan visi dan misi dengan tujuan PS, keterkaitan visi dan misi dengan perkembangan zaman, dan kelengkapan visi dan misi dalam menggambarkan arah dan aspirasi keilmuan PS.

                Berlanjut pada pertemuan kedua, tanggal 21 April 2021, tim penyusun merumuskan draft visi dan misi keilmuan PS, dan mendiskusikan kata kunci dan ciri khas yang ada pada PS. Pada saat itu, diperoleh draft visi keilmuan yang berbunyi “Terwujudnya Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang terdepan dalam mengajarkan maharatul lughah ‘Arabiyyah yang sesuai dengan IPTEK di masa depan”. Sedangkan draft tujuan PS adalah 1. Menghasilkan lulusan yang berkompetensi pada akademik  yang berorentasi pada penguatan Maharatul lughah ‘Arabiyyah. 2. Menghasilkan banyak Jurnal Penelitian Bahasa Arab. 3. Terlaksananya pemberdayaan masyarakat yang bebasis pada pembelajaran bahasa Arab.

                Selanjutnya, pada tanggal 5 mei 2021 merupakan pertemuan ke 4. Pada pertemuan ini, dilakukan diskusi terbuka dan revisi terkait visi keilmuan dan tujuan PS antara tim penyusun dan dosen PS. Seluruh dosen PS menyambut baik atas rumusan draft VTMS yang telah disusun oleh tim. Terdapat beberapa usulan dari dosen PS. Seluruh masukan dan saran dari seluruh peserta rapat menjadi bahan pertimbangan bagi tim penyusun untuk didiskusikan pada rapat koordinasi selanjutnya.

                Selanjutnya, pada tanggal 17 Mei 2021 tim penyusun melakukan pengkajian VTMS kembali dan melakukan revisi atau perbaikan dari usulan beberapa dosen pada rapat sebelumnya. Setelah itu, pada tanggal 2 Juni 2021 digelar kembali diskusi terbuka terkait VTMS PS, namun pada kesempatan itu dibuka untuk pihak internal (penyusun, pimpinan fakultas, prodi maupun mahasiswa), dan pihak eksternal (alumni, dan pengguna lulusan). Diperoleh beberapa tanggapan dan saran dari peserta rapat. Terutama bu dekan Hj Binti Maunah mengusulkan pada tujuan PS agar ditambahkan kerjasama dengan komunitas dan  institusi lain baik di dalam atau luar negeri, supaya pendidikan kita dapat berkembang. Semua usulan pada rapat tersebut akan ditampung dan dipertimbangkan.

                Kemudian, pada tanggal 14 Juni 2021 dilakukan penyelarasan dan perumusan akhir visi keilmuan dan tujuan PS yang telah di kaji dengan berbagai pihak sebelumnya. Hasil rapat memutuskan bahwa Visi Keilmuan PS PBA yaitu “Terwujudnya Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang terdepan di tingkat nasional dalam bidang metode pembelajaran  maharatul lughah ‘Arabiyyah yang sesuai dengan IPTEK pada tahun 2027”.