Category

Ajang Tarqiyatul Lughoh Arabiyyah Spektakuler 2023

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) menyelenggarakan Ajang Tarqiyatul Lughoh Arabiyyah Spektakuler (ATLAS) 2023 di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung pada Rabu- Jumat (25-27/10/2023).

https://youtu.be/uMSY6nAGCJY?si=dnaFjJtuGuWnI_7b

Ketua Pelaksana ATLAS 2023. Abdul Basith Asfiya juga menambahkan bahwa generasi muda harus bisa menciptakan perubahan yang lebih baik dengan mengasah bakat dan mengembangkannya. Melalui ATLAS ini kita dapat menuangkan bakat. mengasah kemampuan juga mengembangkan diri,” tuturnya.

Adapun kegiatan utama dalam ATLAS yakni perlombaan bahasa Arab yang diikuti oleh seluruh SMA/MA Sederajat Se-Jawa Bali, yakni terdiri atas lomba ghina’ arabiyyah, taqdimul qishoh, munadhoroh ilmiah, musabaqah al- ghazz, kaligrafi, dan khitobah.

Dalam sambutannya di acara pembukaan, Ketua Koordinator Program Studi (Koorprodi), Ustadz Nuryani Mansur menyampaikan makna penting di balik nama ATLAS, yakni mengandung kalimat ‘tarqiyah lughah arabiyyah’ yang berarti meningkatkan keterampilan berbahasa Arab.

Setelah acara pembuka, pada hari pertama juga digelar seminar kebahasaan bersama Ustadz Ahmad Fikri Amrullah yang membawakan tema ‘Meningkatkan Potensi Maharah Arabiyyah pada Era 5.0’. “Di era industri 5.0 kita dituntut supaya tidak dikalahkan oleh terangnya. Dalam hal ini, sebagai pelajar bahasa Arab sudah seharusnya mereka bersemangat meningkatkan maharah arabiyyah yang mampu berinovasi di era peluang dan tantangan industri 5.00.