Category

Mu’askar Lughoh 2023 : Berkreasi Bahasa dengan Gelora Jiwa Bahasa Arab

Tingkatkan Kreasi Berbahasa Arab, HMPS PBA Menggelar Mu’askar Lughoh (Kemah Bahasa) Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (HMPS PBA) menggelar kegiatan Mu’askar Lughoh (Kemah Bahasa) di TPQ Al-Kamal Desa Pakisrejo, Rejotangan, Tulungagung Sabtu-Senin (5-7/5/2023).

Dengan tema yang diambil yakni ‘Berkreasi Bahasa dengan Gelora Jiwa Bahasa Arab’. Muhammad Rijal Nurrohman yang biasa dipanggil Rijal, selaku Ketua Pelaksana berharap bahwa mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab bisa meningkatkan kreativitas berbahasa Arab dengan luar biasa.

“Mu’askar adalah kegiatan yang penting dan memiliki banyak manfaat, khususnya untuk program studi Pendidikan Bahasa Arab. Beberapa manfaat yang dapat diambil yaitu meningkatkan kemahiran berbahasa Arab,” terang Rijal.

Dalam sambutannya pembukaan, di acara Ketua Koordinator Program Studi (Koorprodi), Ustadz Nuryani Mansur menyampaikan bahwa Mu’askar Lughoh menjadi pendobrak agar mahasiswa semakin berprestasi.

Beliau juga berharap seluruh mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab bisa bersungguh-sungguh mengikuti Mu’askar Lughoh.

Kegiatan yang mewajibkan panitia dan peserta berbicara menggunakan bahasa Arab ini memiliki acara inti yakni kompetisi berbahasa Arab yang terdiri dari Lomba Khitobah, Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK), Ghina’ Araby, Munadhoroh, Qiroatus Syi’ri, dan Al-Mashrohy.

Peserta Mu’askar Lughoh diwajibkan untuk mengikuti lomba tersebut minimal satu jenis perlombaan, karena panitia dari HMPS PBA telah menyiapkan hadiah spesial di akhir acara.

Kegiatan yang spektakuler tersebut ditutup dengan kegiatan fun game di tempat wisata Alam Kandung, Tulungagung. Siti Nur Aisyah selaku peserta Mu’askar Lughoh mengaku sangat menikmati setiap gamenya. Dia bersama teman-temannya sangat antusias mengikuti permainan seru tersebut. “Tadi fun gamenya juga ada beberapa yang memakai bahasa Arab melatih dan membiasakan kita berbahasa Arab contohnya tadi seperti tebak gaya dan tebak bumbu dapur. Pokoknya seru banget,” jelas Aisyah.