Category

Koorprodi PBA UIN SATU Tulungagung mengikuti RAKERNAS dan Workshop PPPBA 2023 di Yogyakarta

Acara Pembukaan kegiatan ini dilaksanakan di Hotel New Saphir, Sleman Yogyakarta pada hari kamis tanggal 6 Juli 2023 dan berakhir sampai dengan tanggal 8 Juli 2023. Acara ini dihadiri oleh  Ketua umum, para pengurus dan anggota IMLA  dan seluruh kaprodi  se-Indonesia.

Sesi Foto Bersama

Pada sambutannya, Ketua Umum IMLA, Bpk Dr. Tulus Musthofa, MA,  menyampaikan terimakasih banyak kepada  seluruh peserta yang telah meluangkan waktunya untuk hadir di acara ini. Beliau sangat antusias dalam menerima dan menyambut para peserta Raker dan Workshop. Beliau berharap acara ini memberikan manfaat untuk kemajuan Lembaga kita masing-masing. Beliau sangat berharap juga akan tetap terjalin silaturahmi dan juga kerja sama  dalam meningkatkan manajemen mutu PBA.

Berikutnya adalah sambutan dari Dr. M. Fakhri Husein , M.Si (kepala LPM UIN SUKA). Beliau menyampaikan hal-hal berikut: (1) Jika Sudah Unggul, maka harus menuju internasional= haarus ada international mobility= dosen dan mahasiswa, (2) Perlu akreditasi? Untuk mengukur kinerja kita….apakah kita sudah bekerja?, (3) Jangan sampai mahasiswa itu hebat, pinter karena upayany pribadi mereka (bukan krna kerja prodi), (4) Kriteria FIBAA: Sudah sesuaikah tujuan, profil prodi kita?, Mahasiswa: Apakah sudah bener calon mahasiswanya? Cara seleksinya?, Dosennya?, Survey Kepuasan harus rutin, jangan tiba-tiba ada saat AL . 

Untuk sambutan berikutnya, Dr. Singgih menyampaikan point-point penting seperti: Inti penilaian AQAS  adalah kurikulum, Visi misi harus benar2 terwujud dalam kurikulm, Prodi saat AL tidak, memiliki peran. Assessor langsung menuju dosen, stakeholders dan mhasiswa, alumni. Makanya mereka harus berperan dalam memahami atau menyusun borang. Ketika bertanya kpea asissie, assessor menyebut by name. Ulusan atau alumni peran mereka di masyarakat harus relevan dengan cakupan kurikulum.

Ustadz Dr. Nuryani, S.Ag. M.Pd.I selaku Koorprodi PBA UIN SATU sedang mengikuti sesi materi

Prof. Dr. Abdul Munip, M.Ag sebagai pemateri berikutnya memaparkan beberapa hal berkaitan proses menyusun LED, DKPS (exel): (1) Tim penyusun plus PJ-nya. Yg terlibat: Kaprodi, PPS, Dosen, tendik dan mahasiswa, (2) Unduh templet dan tidak merubah formatnya, (3) pahami peraturan lamdik, (4) LED seblum diupload harus sudah benarr2 ok, (5) Sekor AKA tidak boleh di atas 30 dari sekor AL (ditengarai tidak objektif), (6) Mengisi LED sesuai permintaan. Beri tekanann yg bobotnya tinggi, (7) Siapkan bukti2 (google drive) pastikan link bisa dibuka.  Setelah sambutan-sambutan selesai, acara ditutup dengan pembacaan do’a. Kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah. Pada sesi terakhir dilakukan foto bersama sebagai dokumentasi yang diikuti oleh para peserta. Pada pukul 16.00 WIB melakukan perjalanan kembali ke UIN Sayyid Ali Rahmatullah dan pukul  21.30  tiba di kampus kembali.