SEMINAR KEBAHASAAN INTENSIF NAHWU : MERESAPI STRUKTUR KALIMAT BAHASA ARAB.

Program studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan menyelelenggarakan seminar kebahasaan. Seminar Kebahasaan kali ini bertema Seminar Kebahasaan Intensif Nahwu: Meresapi Struktur Kalimat Bahasa Arab. Bentuk kegiatan kali ini yaitu dengan metode ceramah, tutorial, dan diskusi secara mendalam dengan para peserta. Dalam Kegiatan kali ini narasumber sebagai fasilitator dan evaluasi dalam kegiatan kali ini. Sasaran seminar kebahasaan ini adalah seluruh mahasiswa PBA FTIK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kegiatan seminar kebahasaan dilaksanakan pada senin, 19 Oktober 2020 bertempat di Aula Gedung KH. Arief Mustaqim UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Narasumber seminar kebahasaan pada kali ini adalah Prof. Dr. Faishol Mahmud Adam, M.Pd.I., selaku Guru besar Universitas Islam Negeri Malang dan Dr. Hasan Sulaiman selaku Dosen Universitas Islam Negeri Malang. Kegiatan kali ini dilakukan 2 sesi, sesi 1 diawali dengan persiapan, sambutan ketua panitia, sambutan dekan FTIK IAIN Tulungagung, kemudian dilanjutkan Materi Utama dari Prof. Dr. Faishol Mahmud Adam, M.Pd.I, dan dilanjutkan tanya jawab setelahnya. Sesi ke 2 dilakukan kembali pada pukul 13.00 sampai dengan selesai dan disampaikan oleh Dr. Hasan Sulaiman.

This image has an empty alt attribute; its file name is WhatsApp-Image-2024-02-27-at-14.01.11-1024x683.jpeg

Setelah proses seminar dilakukan melalui tahapan penyampaian materi, diskusi atau tanya jawab serta praktek, dapat diketahui bahwa upaya membangun kesadaran para peserta tentang penguasaan keterampilan  dalam materi Nahwu yang baik perlu ditingkatkan. Membangun kesadaran perlu didahului dengan adanya keinginan untuk meningkatkan penguasaan keterampilan penggunaan teknologi yang efektif dan efisien. Hasil  seminar ini terwujud dari keinginan para peserta untuk bersedia dan bersungguh   -sungguh dalam mengimplementasikan pembelajaran  berbasis teknologi dengan baik. Kondisi ini tercermin dengan adanya beberapa dosen yang sudah memuali membuka aplikasi pembelajaran berbasis teknologi yang ditawarkan narasumber, meskipun masih ada beberapa kendala atau kekurangan. Kegiatan Seminar Kebahasaan yang dilaksanakan selama satu hari telah berjalan dengan lancar