Category

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN SATU Tulungagung Menggelar Seminar Nasional Seputar Pembelajaran Berbasis Virtual

Program Studi (Prodi ) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menyelenggarakan seminar nasional di Aula Gedung Perpustakaan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Lantai 5 pada Senin (12/6/2023).

Dalam sambutannya di acara pembukaan, Ketua Koordinator Program Studi (Koorprodi), Ustadz Nuryani Mansur menyampaikan bahwa seminar ini penting untuk diselenggarakan karena menjadi salah satu jalan dalam proses pembelajaran.

“Seminar ini adalah bagian dari at-ta’lim atau pembelajaran,” terangnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa seminar nasional yang mendatangkan dua narasumber nasional ini menyuguhkan banyak manfaat.

“Banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan ini seperti memperoleh wawasan tentang kebahasaan, memperoleh relasi yg luas,” tutur beliau.

Manfaat lain yang bisa dipetik dari seminar menurut Ustadz Nuryani adalah melatih mental para mahasiswa PBA.

“Melatih mental seperti bagaimana cara bertanya, menyanggah, berbicara dengan bahasa Arab di depan umum,” pungkasnya.

Kegiatan yang dihadiri oleh mahasiswa PBA ini mengusung tema ‘Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Virtual’.

Terkait tema tersebut, Ketua Jurusan Bahasa, Ustadz Sokip, menerangkan pentingnya pembelajaran virtual meski tidak lagi berada di zaman covid-19.

“Pembelajaran virtual digunakan ketika dosen ada kegiatan di luar dan ada halangan tertentu,” jelasnya.

Pemateri pertama yang merupakan Dosen Bahasa Arab Universitas Negeri Malang, Ustadz Kholisin, menjelaskan banyak hal terkait (العناصر اللغوية في تعليم اللغة العربية الافتراضي).

“Dalam pembelajaran virtual, guru harus menguasi teknologi dan lebih kreatif merancang metode pembelajaran menggunakan fitur menarik dan tidak membosankan,” terangnya dalam seminar sesi pertama.

Tema kedua yang disampaikan oleh pemateri Ustadz Ahmad Makki, Dosen Bahasa Arab Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang yakni tentang (تدريس اللغة العربية على أساس التعليم الافتراضي).

Menurut beliau, zaman sekarang telah banyak macam-macam platform  pembelajaran bahasa Arab yang recommended dan dapat diakses oleh umum secara gratis. “Teknologi di tangan guru-guru yang hebat akan menghasilkan transformasi pembelajaran yang luar biasa,” pungkas beliau di akhir seminar.”