Pembukaan Dies Maulidiyah PBA Ke-21: MEREFLEKSIKAN DIRI SEBAGAI GENERASI PBA YANG “KREATIF” Melalui Dies Maulidiyah PBA Ke-21

Pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (HMPS PBA) memperingati Dies Maulidiyah Ke-21 di Aula Gedung Perpustakaan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Lantai 5 pada Hari Jum’at dan Sabtu (19 – 20/05/2023).

Sesuai dengan tema yang diambil “Refleksi Diri Sebagai Generasi PBA yang ‘Kreatif'(Kompetitif, Profesif, dan Inovatif)”, Nadia Arifah yang biasa dipanggil Dea, selaku Ketua Pelaksana menyampaikan tentang pentingnya menjadi generasi PBA yang memiliki daya unggul.

Susunan acara yang spektakuler seperti Seminar Desain Grafis, Bedah Film, Lomba Microteaching, Lomba Duta PBA, Lomba Voli, Lomba Futsal, dan Lomba Mobile Legend menjadi hal baru yang turut memeriahkan Dies Maulidiyah ini.

Dalam sambutannya di acara pembukaan, Ketua Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (Koorprodi PBA), Ustadz Nuryani Mansur menyampaikan bahwa Dies Maulidiyah merupakan suatu ikhtiar yang baik bagi civitas akademis di lingkungan Pendidikan Bahasa Arab.

Beliau mengharapkan bahwa kegiatan ini dapat membuat para mahasiswa bersemangat meningkatkan kompetensi kebahasaan, baik melalui ilmu-ilmu maupun maharohnya.

“Kegiatan ini diisi dengan lomba-lomba pembelajaran dan kebahasaan juga kesenian,” ujarnya.

Selain itu, beliau berharap bahwa kegiatan ini mampu menggerakkan mahasiswa PBA agar segera bangkit dan berkompetisi.

“Agar mampu bersaing dan berprestasi tidak hanya tingkat nasional tetapi internasional, karena tujuan pendirian prodi PBA yaitu mewujudkan prodi yang unggul dalam aspek ilmu pengetahuan dan keterampilan berbahasa Arab serta menguasai teknologi pembelajaran,” pungkasnya.

Inilah Pemenang Duta Pendidikan Bahasa Arab Tahun 2023 dalam Dies Maulidiyah Ke-21

LOMBA Duta Pendidikan Bahasa Arab yang menjadi salah satu acara meriah dalam rangkaian kegiatan peringatan Dies Maulidiyah Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Ke-21 telah mencetak para pemenang luar biasa pada babak final, Sabtu (20/05/2023).

Ketua Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (Koorprodi PBA), Ustadz Nuryani Mansur menyampaikan bahwa Duta Bahasa Arab merupakan cerminan dari mahasiswa PBA yang sesungguhnya.

“Makanya mereka harus mengharumkan dan menjaga nama baik program studi. Menjadi teladan bagi yang lain dari segi prestasi, wawasan. dan keterampilan menggunakan bahasa Arab dalam keseharian,” terangnya.

M RISDA IMAWAN dan EMA LAILYA ALDA NINGRUM sebagai pemenang Duta Pendidikan Bahasa Arab Tahun 2023 mengaku sangat bersyukur atas kesempatan luar biasa yang mereka dapatkan.

“Meskipun saya masih merasa banyak kekurangan dalam diri saya sendiri semoga dengan ini saya bisa lebih memperbaiki untuk kedepannya, khususnya untuk menjadi mahasiswi teladan di Pendidikan Bahasa Arab UIN Sayyid Ali Rahmatullah,” ungkap Ema.

Risda menyampaikan bahwa baik duta maupun masyarakat PBA sama-sama memiliki peran penting dalam mengembangkan bahasa Arab. “Duta tidak lebih penting dari teman- teman masyarakat PBA, pastinya kita semua turut andil dalam memeriahkan acara dan menyukseskannya,” terang Risda.

Sebagai seorang duta, Ema mengajak kepada seluruh mahasiswa PBA untuk bergerak bersama mencetak generasi unggul dengan limpahan prestasi. “Sebagai simbol yang nyata bagi seluruh mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab untuk berperan aktif ikut serta memajukan prodi Pendidikan Bahasa Arab itu sendiri,” ungkap Ema.

Duta Pendidikan Bahasa Arab Tahun 2022, Muhammad Rijal Nurrohman dan Ratih Nuzulul Rohmah berharap agar duta tahun ini lebih baik dari tahun lalu. “Semoga bisa menjadi suri teladan yang baik dan dapat mem-branding diri juga jurusan tercinta ini Pendidikan Bahasa Arab,” ucap Rizal. Ratih juga menyampaikan bahwa duta harus menjadi pelopor mahasiswa PBA agar terus semangat dalam mewujudkan Prodi Pendidikan Bahasa Arab yang lebih berkualitas.