GEBYAR BAHASA ARAB IAIN TULUNGAGUNG (GBIT)

GEBYAR BAHASA ARAB IAIN TULUNGAGUNG (GBIT)

TAHUN AKADEMIK 2018-2019

Salah satu event penting yang digelar oleh organisasi mahasiswa Program Studi Bahasa Arab di Kampus Dakwah dan Peradaban adalah Gebyar Bahasa Arab IAIN Tulungagung yang masyhur dikenal dengan GBIT. Kegiatan ini merupakan kompetisi tahunan yang di adakan mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab yang tergabung dalam wadah Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) PBA.

IMG-20181031-WA0018

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dimulai pada Senin, 28 November 2018 dan berakhir pada Rabu, 31 November 2018. Puncaknya adalah pada Rabu malam Kamis dengan menggelar shalawat yang menghadirkan Habib Hasan Assegaf.

Beragam kompetisi diadakan untuk memeriahkan acara ini, mulai dari musabaqah munadharah, ghina’ hingga imathah. Semua kompetisi ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kecintaan para peserta sekaligus mahasiswa pada Bahasa Arab yang merupakan bahasa al-Qur’an.

Sasaran dari kegiatan tersebut adalah para siswa yang duduk di jenjang Madrasah Aliyah sederajat. Peserta berasal dari berbagai daerah yang tersebar di Jawa Timur, mulai Tulungagung, Blitar, Ponorogo, Jombang, Pasuruan dan masih banyak yang lainnya.

Para peserta nampak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan musabaqah ini. Mereka hadir dengan di damping para official dari lembaga masing-masing dari unsure guru/ustadz. Kemeriahan semakin bertambah saat mereka diumumkan sebagai pemenang/juara pada satu cabang musabaqah yang dipertandingkan.

IMG-20181031-WA0021

 

Persaingan yang terjadi nampak sangat ketat. Hal ini nampak dari penguasaan para peserta pada setiap materi yang diberikan panitia. Skor yang diraih para juara juga menunjukkan perbedaan yang sangat tipis. Bahkan dalam satu cabang musabaqah mesti diadakan tanding ulang karena masing-masing mendapat nilai sama dari dewan juri.

Saya juga mendapat penghormatan dari para mahasiswa bahasa Arab untuk turut serta ambil bagian dalam satu cabang musabaqah, yakni al-imathah. Saya bersama dengan ustadzah Rihlatul Ilmiah yang merupakan dosen senior bahasa Arab melaksanakan amanat tersebut pada hari Rabu, 31 November 2018, tepatnya pada pukul 13.00 WIB dan selesai pada sekitar pukul 15.45 WIB.

Setelah dilakukan seleksi ketat pada babak penyisihan, imathah mengeucut pada persaingan lima lembaga pendidikan untuk memperebutkan kursi juara. Semenjak babak pertama telah terjadi persaingan yang ketat antar peserta. Kejar-kejaran point terjadi hingga pada akhirnya mengerucut pada tiga pemenang. Juara 3 diraih oleh MA Mambaul Ma’arif Jombang, Juara 2 diraih oleh MAN 4 Jombang dan sebagai Juara 1 adalah Pondok Pesantren Terpadu al-Kamal.

Selanjutnya pada sesi akhir, para peserta, panitia dan dewan juri foto bersama sebagai dokumentasi dan kenang-kenangan. Semoga kegiatan ini membawa barakah, dan HMJ PBA semakin berkembang di masa mendatang. Aamiin.

Semoga bermanfaat

Allahu A’lam

Sumber: http://fatoni23.blogspot.com/2018/11/gebyar-bahasa-arab-iain-tulungagung-gbit.html